CAT MOTIF/MOTIF MARMER/GRANITE/URAT KAYU

October132011
dsc00035-aksiku-catmotif.jpgMohaSurya.Finishing
CARA MUDAH PENGECATAN MOTIF / MOTIF MARMER /MOTIF GRANITE / MOTIF URAT KAYU



Bismillah..............
Klo berbicara mengenai cat model MOTIF...............
Sekarang ini banyak orang yang sudah pada Tau........, alias tidak asing lagi di mata dan telinga kita......,
Kita sudah sering melihat Bangunan-bangunan rumah, dari model Klassikan sampai model Minimalis yang dihiasi dengan cat MOTIF
Modelnya pun Beragam, dari MOTIF MARMER, GRANITE, KERAMIK bahkan sampai MOTIF URAT KAYU.


Mengapa banyak orang suka pengecatan model MOTIF ini....?? MOTIF MARMER misalnya


Jawabnya sederhana aja :
Biasanya orang itu lebih suka Lukisan FOTO dari pada FOTO aslinya.
Benar kan...?

Nah buat teman-teman yang pingin tau CARA MUDAH PENGECATAN MOTIF MARMER langsung aja saya kasih tau Tipsnya....,

Simak yaa...??!

Siapkan :
> 2 buah kuas ukuran 4 inc
> 1 potong busa / kain Sponging
> 2 macam warna (warna family) cat Tembok weathershield (Eksterior)

klo kurang jelas mengenai paduan warnanya Klik disini

Pastikan Tembok / Pilar Tiang yang akan di CAT MOTIF sudah di kasih dasar Alkali/Undercoat, dan sudah benar-benar kering. Setelah itu baru di amplas (no:400), Kemudian di cat lagi pakai alat semprot / spray, Bahannya cat tembok (exterior) warna cream muda dan tunggu sampai benar - benar kering.
Di sini tidak saya sebutkan Merk nya sebab saya bukan Iklan dari salah satu produk cat.

Klo semuanya sudah siap... Ayo kita aplikasi kan........

perhatikan yaa...

Pertama-tama celupkan kuas ke dalam cat yang warnanya muda dan TOTOL kan kuas tadi secara perlahan dan merata ke permukaan Tembok / Pilar Tiang yang akan di MOTIF, sebelum kering, TOTOL lg dengan kuas bersih sampai cat nya menipis dan membentuk bercak. Setelah semua permukaan sudah ditotol, Kemudian celupkan busa / kain spon ke dlm cat yang warnanya lebih tua kemudian oleskan secara perlahan-lahan kepermukaan yg sudah berbentuk bercak-bercak tadi........,
Maka akan dihasilkan dua warna bercak yang berbeda berbentuk URAT MARMER

Sekarang tinggal finishing pakai :
coating / clear gloss / semigloss / dof. Tergantung selera


SELESAI................

Hasilnya seperti di bawah ini...

mohas0411.jpg

Selamat Mencoba dan Semoga Sukses



Bagi Teman - Teman yang kurang jelas bisa menghubungi Nomor Saya
Konsultasi GRATIS
Share on Facebook Share on Twitter

Comments

64 responses to "CAT MOTIF/MOTIF MARMER/GRANITE/URAT KAYU"

Adhita on 09:10 PM, 15-Oct-11

muantap . Info bermanfaat gan .

Moha.finishing on 12:38 PM, 19-Oct-11

ok. Nie baru newbie sob..., ma kasih atas follow nya..

wahyu on 11:14 PM, 25-Nov-11

oia brow,coatingnya pke apa?

wahyu on 11:15 PM, 25-Nov-11

brow,lox pengecatan pda kayu or meuble tehniknya gmna?

Moha.finishing on 05:23 PM, 04-Dec-11

@wahyu,
tergantung mau di finishing model apa? melamik / duko / cat bakar / motif / yg lainya. Cara dan bahan nya berbeda2. Tlng pilih salah satu dulu biar aku bisa ksh info secara detail

Rudin on 02:10 PM, 10-Feb-12

Sya dh coba tpi k0, hsl,a krang bgus. Pa yg slah ych. Trms

MohaSurya.finishing on 05:07 PM, 14-Feb-12

@Rudin..., begini sob...bagus tidaknya motif juga tergantung kreasi tangan kita, usahakan jgn terlalu byk cat ada di kuas kita, cukup di bagian pojoknya saja, sambil sebentar2 kuas dicelupkan sedikit ke air bersih. Selamat mencoba sob....

Rudin on 04:01 PM, 20-Feb-12

Klw mnurut moha surya cat pilar mtif marmer bgusan warna pa ych...? Oy Thks ych tas jwbn,y. sukses slalu deh buat MohaSurya.finishing.com

MohaSurya.finishing on 05:00 PM, 20-Feb-12

@Rudin...,
setelah di undercoat (cat dasar) lalu di cat dasar lg pakai mowilex no: 1518 (cream muda) lalu di totol ama mowil warna merah bata di campur 1518 tadi, trz di oles pakai busa tipis2 dg warna merah bata tadi utk buat uratnya. Utk motif totobet bagus pakai woodstain coco brown. Salamat mencoba broo...

Rudin on 06:48 AM, 22-Feb-12

Oya mas bro biar lbh jls bs dksih foto,y gk (pilar). Sorry nch bnyak nanya/permintaan.

ega on 03:58 PM, 20-Mar-12

low cara pmbuatan motif urat kayu gimana pak boz?????

MohaSurya.finishing on 11:48 PM, 20-Mar-12

@ega,
klo aku alatnya pakai kuas kreasi tangan sendiri. Bahannya hrs cat tembok. Untuk lebih mudahnya anda bisa memakai alat khusus utk membuat motif urat kayu. Bisa di beli di toko cat. Klo di demak anda bs beli di toko cat BANGUN TANI

helmi on 11:53 AM, 30-Mar-12

mas kalau membuat serat marmer bergaris garis atau semacam retak itu caranya gimana ya,makasih banget sebelumnya

medy on 11:29 PM, 08-Apr-12

teknik cat kuno broo.... skr dah jamannya air brush..... wake up....

Medita karya on 06:11 PM, 16-May-12

Bsa mnghasilkan nilai seni yg tinggi ga?boleh dong tnya via hp

ega on 02:40 PM, 21-May-12

low tempat bli bahanya tau.. tapi cara pemotifan nya gimana pak bozzzz???????step by stepnya rinci in donk pak bozzz

parjak on 03:15 AM, 06-Jun-12

klo aq biasa ngecat classic d plafon sma tiang pake cat winton. Hasilnya lumayan jg gan, gak kalah sm marmer aslinya

MohaSurya.finishing on 02:20 AM, 19-Jul-12

@Medy... Ya sob...., klo di padukan untuk sentuhan akhir malah lebih bagus. Terima kasih udah datang di gubuk sederhana ini
@Rudin
...
@helmi...

@Medita karya...
Untuk saling tukar pengalaman ini no aku 085876555678
@parjak... Terima kasih dah berbagi. Smoga sukses yaa...

rokhim wong nade on 02:18 AM, 30-Jul-12

Klo g'pakek spry ada altrnatif lain g' sob.
@trus jenis cat nya pkai minyak apa air. Thnk..

MohaSurya.finishing on 05:19 PM, 03-Aug-12

@rokhim wong nade...,
untuk cat dasarnya bs pakai roll trs sebelum kering di sapu pakai kuas bersih biar lebih halus.
Utk clearnya lebih bagus pakai spray.
Untuk jenis catnya bisa pakai cat tembok / cat duko. Tlng di baca di artikel Cat Motif.
Terima kasih udah datang ke gubug sederhana ini sob...

rokhim wong nade on 07:54 PM, 06-Aug-12

Ok sob sy dah coba, wah sngat bagus. Awalnya sy cb dndng kmr mndi. Alhmdllillah kebiasaan corat coret wktu sma mmbuahkan hsl. mksh.

rokhim wong nade on 04:58 AM, 17-Aug-12

sob satu lagi mo nnya, sebenrnya cat duco itu jenis apa/itu nama pabrik,an ato...... mohon pencerahanya ya sob. maaf pemula sob, malu brtnya sesat d jalan, hkhkkhk....

agus on 06:20 PM, 18-Aug-12

mau tanya nih sob...aku pengin ngecat lemari jati..itukan pake melamic..trus aku pengin rubah untuk tiang2 di kaki dijadiin motif marmer,,,bagaimana caranya n bahannya apa aja sob,,ty sebelumnya

agus on 03:12 PM, 21-Aug-12

mas, aq pengen cat tiang motif marmer udh ikutin cara d atas tp hasil'y gx sprti d atas knp ya?

dodo on 03:18 PM, 21-Aug-12

minal aidin wl faidzin mas mo tanya,,buat finshing mcm cloating, apa hrs pake spray terus campuran buat cloating na pake apa biar sedikit encer,,,mksh,,

david on 08:37 AM, 25-Aug-12

mas br0w,it busa'ny yang dicelupakan ke cat,dioleskan, atau ditotolkan seperti kuas yg pertma tdi...

ibrahim on 09:23 AM, 05-Sep-12

kalo mau belajar langsung praktek dmn yahhh tempatnya?saya mau belajar nih.tapi belum tau tempatnya.

ambon on 12:49 PM, 08-Sep-12

bos,totolan pertama,nunggu kering atau sebelum kering pada saat akan diolesin busa cat yg lebih tua ?thank's sebelumnya......

maidi on 09:33 AM, 12-Sep-12

mas bro,,klw cat mcm gmbr di atas pake cat warna apa? tlg bls mas bro,,,matur suwun

MohaSurya.finishing on 04:37 PM, 12-Sep-12

rokhim wong nade
@agus...
Klo sudah di melamik.., lebih bagusnya ditimpa/disemprot cat duko (merk Nippe/supergloss/ sikken atau sejenisnya) yg penting cat duko. baru di motif totobeth.
@dodo..... Dicoba lg dan coba lg sob... Sambil di tambahi kreasi sendiri nanti lama2 bisa bagus..
@dodo..
Klo mulai awal motifnya pakai cat tembok seperti cara diatas.. nge clear nya bisa Pakai kuas, tapi yg motif totobeth harus pakai semprot. Coating / clear duko pengencernya sama yaitu thinner super.
@ibrahim...
maidi

MohaSurya.finishing on 05:09 PM, 12-Sep-12

@david...
@ambon..
Busanya di lipat dioless ambang setelah totolanya kering.
@maidi..
Motif diatas pakai dasar catt tembok Mowilex no 1518 (cream muda mendekati putih) total nya mowilek warna cream. Sedangkan olesnya warna cream tadi di campur mowilek warna sandel brown. Clear aku pakai steelgloss.
@ibrahim...
Datang ke rumah bos... Alamat aku bisa di baca di about me... Hehheehhee.
Trima kasih utk semua krn dah berkenan hadir di gubuk sederhana ini. Selamat berkreasi. Klo kurang jelas jgn sungkan utk sms me, pasti aku bls dg senang hati.

ibrahim on 04:20 AM, 13-Sep-12

thanks mas

MohaSurya.finishing on 11:33 AM, 13-Sep-12

@ibrahim,
sama2 bray...

Gunawan on 12:13 AM, 25-Sep-12

Mas aku mau blajar ama mas...tpi aku di jkrta..klau mlalui hp bleh ga

Gunawan on 12:15 AM, 25-Sep-12

Mas aku mau blajar ama mas...tpi aku di jkrta..klau mlalui hp bleh ga

Aris hermawan on 02:55 PM, 01-Oct-12

Alat media selain kaen gumas apa lagi?

MohaSurya.finishing on 05:29 PM, 08-Oct-12

Gunawan@... Boleh sob...
Aris hermawan..., selain kain sampeyan bisa menggunakan Busa / Kapas

onink van halen on 03:58 PM, 15-Oct-12

kurang faham gan

sofyanae on 01:59 PM, 24-Oct-12

mau nanya bos cra x ngecat pintu kayu pke mowilex yg cmpuran air biar bagus pke kuas pa sped

MohaSurya.finishing on 04:51 PM, 24-Oct-12

sofyanae@...
lebih bagus pakai speed tapi lebih kuat / tahan lama klo pakai kuas, supaya hasil kuasan bagus dan warnanya rata bulu kuas di bungkus kain ball sob....

Rira on 04:40 PM, 30-Oct-12

kalo cat merk JOTUN gmn mas bro???

MohaSurya.finishing on 03:57 PM, 31-Oct-12

Rira@...
cat Tembok jotun itu standar dulux.. Kwalitas bagus, warnanya tdk cepat pudar dan kuat (klo warna orange utk semua merk emang cepat pudar buat Exterior), sedangkan kekuranganya cat jotun adalah membutuhkan 3 sampai 5 lapis utk bisa menghasilkan warna cat yg sempurna, jadi menurut aku.. Pemakaian cat jotun sangat boros.

narto on 10:56 AM, 18-Dec-12

mas mau tnya misal sy mau ngecat saka pilar rumah pake cat duco dgn finishing PU clear, tu pake undercoat apa y (sblum poxy)? Klo pake cat berbhan dsar air ky cat tembok apakah ngga ngangkat ditimpa tiner ? Klo ada tlng skalian merk'y.
Trimakasih.

arian on 12:19 PM, 20-Jan-13

mas bolehkah aku berguru cara ngecat marmer pada tiang gak maz. ?.

MohaSurya.finishing on 02:07 PM, 25-Jan-13

narto@....
Untuk cat paling dasar pakai aja cat tembok alkali (Dulux) / undercoat (Mowilex) trs bisa di timpa Epoxy, tenang aja... Cat tembok (cat dasar) nggak akan ngangkat (terkelupas).

arian@.... Wong jepara
Monggo... silahkan...

Hen.ku on 10:02 AM, 30-Jan-13

Mas hoha,tlg ksh pencerahan gmana c crax ngect kayu mirip marmer,,pake cat apa

MohaSurya.finishing on 04:36 PM, 03-Feb-13

Hen.ku@....
Klo udah di melamik langsung di timpa cat duko baru di motif Totobeth

lukman on 01:49 AM, 17-Feb-13

apa sudah ada job lagi mas brow????

sekreng on 03:11 PM, 11-Apr-13

wah...ni tempat yg bgs buat bljr.,allo mas bro

trisman on 02:58 PM, 21-Apr-13

saya coba cat motif mas broo tapi cepat terklupas catnya karena coba pakai cat murahan. bisa nggak kita olah dengan cat murah tapi bisa tahan panas dan hujan . mohon penjelasannya ya mas broo. tanks.

zamhari on 01:44 PM, 16-May-13

da gak video proses pembuatannya!

waklien@yahoo.co.id on 01:22 PM, 24-May-13

finisingnya pakek kuas atau semprot ya? mohon di bls makasi sblmnya

wiwik wijayanti on 02:41 PM, 24-Jun-13

Klo di aplikasikan pada kayu mengunakan cat dasar air kwat g bro

rokhim wong nade on 01:32 AM, 20-Jul-13

dulu saya banyak tanya ama kang moha, tapi akhirnya sekarang saya udah mandiri dlm pengerjaan cat motif. untuk daerah saya bnyk yg suka cat motif tangan/lebih natural dari pada air brush.

MohaSurya.finishing on 12:49 PM, 04-Aug-13

@rokhim wong nade... Selamat berkarya sob... smoga sukses...

oktadhariri on 02:02 AM, 09-Aug-13

aku mw nanya ni dasarnya kan di semprot trus di totol pakek koas yg ada catnya apakh yang itu bikin guratan marmernya?trus di totol lagi pakek koas bersih apakah pakek air apa nggak?minta nopenya dong

herman s on 07:36 AM, 10-Aug-13

sy tertarik tuch sm hasilnya. minta no hp nya dong bro, sapa tau bs m'erjakan di tempat sy. almt email saya herman_civil@yahoo.co.id.<br />
thnks y

Rulik on 02:37 PM, 18-Aug-13

apa kbr bro? kalo sebelum di dasari coating apa perlu di plamir dulu?

minto on 02:51 PM, 17-Oct-13

pake cat tembok apa bosa di spray gan...?

Hand Furnimex on 03:27 AM, 09-Nov-13

mohon info harga borong mas.....trims

afnacreativedesign on 01:43 PM, 21-Nov-13

kalau diaplikasikan ke kayu / triplek bisa ? terus cara dan bahan catnya sama gak?

lukman on 09:58 AM, 04-Dec-13

sip bos,,, jangan lupa tutirial carax mas... biar saya langsung bisa praktek<br /><br /><br />

jon on 03:13 AM, 09-Mar-14

Gan,aku mau tanya,bila bikin motif marmer di tiang ngga di semprot hasil'y gmn gan?

Dj on 12:42 PM, 21-Mar-14

Merk catnya Gama paint.<br />
Mau lebih tau...??<br />
Silakan konfirmasikan no hp anda..?

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images


 
Back to Top